Senin, 10 November 2014

HAL YANG MEMBERIKAN PENGARUH PADA MANUSIA

Jika kita membicarakan manusia maka akan terlihat sebuah mahluk yang diciptakan dengan sangat baik dan mulia oleh ALLAH SWT, namun kondisi saat ini kita cendrung melihat bahwa manusia cendrung berubah menjadi mahluk yang buas dan tidak berperasaan.
Kenapa perasaan terpisah dengan pengartian buas, hal ini disebabkan dari kondisi sekarang dimana seekor hewan buas seperti harimau dan yang lainnya pun masih memiliki perasaan karena dia tidak memakan/membunuh anaknya sendiri, namun kebalikannya dengan manusia dan kondisi tersebut semakin hari terus bertambah parah, mari kita lihat beberapa penyebabnya;
AMBISI/OBSESI dalam kamu bahasa Indonesia diartikan :
Ambisi adalah keinginan (Hasrat,Nafsu) yang memiliki kuantitas besar untuk dapat memperoleh,mencapai sesuatu seperti halnya dengan pangkat dan jabatan atau untuk dapat melakukan sesuatu.
Obsesi adalah  sebuah pemikiran seseorang yang selalu ada dan mengganggu pikiran dan sangat sulit untuk dihilangkan dari dalam pikiran.
Kedua hal tersebut merupakan hal yang biasanya seiring sejalan dalam kehidupan manusia, selanjutnya hal tersebut akan mengurung manusia kedalam sebuah kehancuran dimana manusia tersebut akan menghilangkan logika dan akal sehatnya sehingga melakukan tindakan yang berdampak sangat buruk bagi manusia itu sendiri maupun keluarganya.
LINGKUNGAN merupakan wilayah/lokasi dimana manusia melakukan aktivitas sosialnya seperti bekerja dan tinggal menetap, dalam lingkungan ini manusia posisinya adalah sebagai individu dan didalam lingkungan manusia melakukan interaksi dengan individu lain yang ada pada lokasi yang sama, normalnya hubungan/interaksi tersebut akan menimbulkan sebuah ikatan mental dari masing-masingnya.
Akibat dari ikatan tersebut maka hubungannya akan berkembang dari yang awalnya saling melengkapi berkembang kepada hubungan dengan ikhtikad yang tidak baik, diantaranya adalah bekerja sama untuk malakukan hal-hal yang negative, lama kelamaan hubungan tersebut akan mempengaruhi individu lain yang ada disekitarnya baik untuk berperan serta maupun melakukan penolakan. Akhirnya menhancurkan individu yang terlibat didalamnya.
KELUARGA dalam adat, budaya dan agama sangat sering kita mendengar wejangan/peringatan untuk berperilaku, demikian juga dengan pernikahan (membentuk sebuah keluarga baru), seperti pilihlah wanita/pria yang seiman dengan kita dalam memilih jodoh dan lihatlah bebet, bibit dan bobot dalam memilih pasangan hidup, hal ini menandakan adanya prinsip kehati-hatian yang sangat besar dalam berkeluarga, karena apabila kita salah dalam tahap awal berkeluarga maka akan berdampak buruk kedepannya yang sudah barang tentu mempengaruhi individu didalamnya.
HARTA cakupan arti kata harta ini pun cukup luas, bisa saja kita mengarahkannya kepada unsur materi maupun non materi, dalam prosesnya untuk meraihnya juga memerlukan cara ataupun proses yang bisa saja cukup panjang maupun dengan instant. Untuk meraih harta ini setiap individu memiliki cara dan strategi dan proses tersebut bisa saja menimbulkan persaingan dengan individu lainnya, sehingga cara-cara negative pun menjadi lumrah/wajar untuk dilakukan.
FANATISME keyakinan atau kepercayaan yang sangat terlalu kuat atas sebuah ajaran, biasanya ajaran politik, agama maupun pemikiran, fanatisme identik dengan sebuah keyakinan yang terlalu sehingga menimbulkan hal yang buruk dan merugikan, fanatisme ini mampu untuk merobohkan apapun yang mehalanginya.

Itulah 5 (lima) hal yang memberikan pengaruh baik dan buruk dalam manusia, sehingga diperlukan kecermatan dan kearifan dari setiap kita dalam menyikapinya, untuk dapat menciptakan manusia yang baik budi pekerti dan amanah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer