Kamis, 07 Januari 2016

ADAGIUM VARIA PERADILAN



Dunia membutuhkan orang-orang yang dapat dibeli. Kata-katanya dapat dipercaya, menempatkan karakter di atas kekayaan, memiliki pendapat dan keinginan, berani mengambil risiko untuk mencaba sesuatu yang baru, tidak kehilangan keperibadiannya ditengah kerumunan massa, tidak berkompromi dengan hal-hal yang tidak benar, ambisinya tidak terbatas kepada kepentingan pribadi, tidak melakukan sesuatu karena orang lain juga mel;akukannya, merupakan teman sejati dalam suka dan duka, tidak malu dan takut untuk mengungkapkan kebenaran, dan berani menyatakan “ tidak “ walaupun seluruh dunia mengatakan “ Ya “ jika ia yakin bahwa apa yang dikatakannya benar (Dr. Larry M. Groves ) 

Orang yang memiliki berbagai alternatif untuk mengatasi suatu masalah, berarti ia tahu jalan menuju puncak. ( (Ibrahim Elfiky)

Anda mugkin tidap dapat mengendalikan keadaan, tapi anda dapat mengendalikan pikiran anda, pikiran passif menghasilkan perbuatan dan hasil yang positif (Ibrahim Eltiky) 

Mari bersikap benar. Inilah misteri retorika dan nilai moral yang tinggi, inilah misteri terbesar. Inilah pencapaian terbesar dalam seni dan hukum utama kehidupan. (Henri Amiel)

Sesuatu yang ada dalam akalku, menguasai pikiranku, dan mengalir bersama sel – sel darahku harus keluar menjadi nyata dalam kehidupan (Louis Braille)

LEX NEMINI OPERATUR INIQUUM, NEMINI FACIT INJURIAM ; Hukum tidak memberikan ketidakadilan kepada siapapun dan tidak melakukan kesalahan kepada siapapun .

DROIL NE DONE, PLUIS QUE SUIT DEMAUNDE – THE LAW GIVE NO MORE THAN IS DEMONDED ; hukum memberi tidak lebih dari yang dibutuhkan.

SIMILIA SILIBUS ; Dalam perkara yang sama harus diputus dengan hal yang sama pula, tidak pilih kasis.

BIS DE EDEM RE NE SIT ACTIO / NEBIS IN IDEM ; PSL.76 KUHAP. Untuk perkara yang sama tidak boleh disidangkan untuk yang kedua kalinya,

IDE DATAE LEGES BEFORTIO OMNIA POSSED – LAW WERE MEDE LEST STRONGER SHOLUD HAVE UNLIMITED POWER ; Hukum dibuat,  jika tidak maka orang yang kuat akan mempunyai kekuasaan tidak terbatas.

VAN RESCHSWEGE NIETING NULL AND VOID. ; Suatu proses pradilan yang dilakukan tidak menurut hukum adalah batal demi hukum .

UBI JUS IBI REMEDIUM ; Dimana ada hak, disana ada kemungkinan menuntut memperolehnya atau memperbaikinya bilamana hak tersebut dilanggar.

LEX DURA, SED TAMEN SCRIPTA ; Sekaklipun isi undang-ungang itu terasa kejam, tetapi memang demikianlah bunyinya dan harus dlaksanakan.

LEX DURA SED ITA SCRIPTA / LEX DURA SED TAMENTE SCRIPTA ; PSL. 11 kuhp. UNGANG-UNDANG ADALAH KERAS TETAPI IA TELAH DITULIS DEMIKIAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer